Agus Candra Kurniawan

Ini Penyebab, Kenapa Kota Malang Makmur dan Subur



Ini Penyebab, Kenapa Kota Malang Makmur dan SuburKeMalangAja.Com - Nih, ayas kasih tau sobat-sobat penyebab Malang Raya jadi subur nan makmur, menurut KeMalangaja.com ada beberapa penyebab Malang Raya jadi aman dan tentram. Dan ayas yakin umak-umak sudah tahu, tapi umak belum menyadari ini. Hehe, ayas ngasih tau biar umak-umak lebih rajin dalam menjalankan hal-hal yang ayas sebutkan nanti. Berikut penyebab Malang Raya jadi subur nan makmur menurut Kemalangaja.com, mungkin buat sobat-sobat akan menjadi nyaman di Malang:


1. Majlis Ta’lim
Menurut akar katanya, istilah majelis taklim terssusun dari gabungan dua kata : majlis yang berarti (tempat) dan taklim yang berarti (pengajaran) yang berarti tempat pengajaran atau pengajian bagi orang-orang yang ingin mendalami ajaran-ajaran islam sebagai sarana dakwah dan pengajaran agama. Majelis taklim adalah salah satu lembaga pendidikan diniyah non formal yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya, serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Dalam prakteknya, majelis taklim merupakan tempat pangajaran atau pendidikan agama islam yang paling fleksibal dan tidak terikat oleh waktu. Majelis taklim bersifat terbuka terhadap segla usia, lapisan atau strata social, dan jenis kelamin. Waktu penyelenggaraannya pun tidak terikat, bisa pagi, siang, sore, atau malam . tempat pengajarannya pun bisa dilakukan dirumah, masjid, mushalla, gedung. Aula, halaman, dan sebagainya. Selain tiu majelis taklim memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai lembaga dakwah dan lembaga pendidikan non-formal. Fleksibelitas majelis taklim inilah yang menjadi kekuatan sehingga mampu bertahan dan merupakan lembaga pendidikan islam yang paling dekat dengan umat (masyarakat). Majelis taklim juga merupakan wahana interaksi dan komunikasi yang kuat antara masyarakat awam dengan para mualim, dan antara sesama anggot jamaah majelis taklim tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu. Dengan demikian majelis taklim menjadi lembaga pendidikan keagamaan alternative bagi mereka yang tidak memiliki icukup tenaga, waktu, dan kesempatan menimba ilmu agama dijulur pandidikan formal. Inilah yang menjadikan majlis taklim memiliki nilai karkteristik tersendiri dibanding lembaga-lembaga keagamaan lainnya. Jadi, penyebab Malang Raya jadi subur nan makmur yang pertama adalah majlis ta’lim.

2. Pengajian Akbar
Pengajian dalam bahasa Arab disebut At-ta’llimu asal kata ta’allama yata’allamu ta’liiman yang artinya belajar, pengertian dari makna pengajian atau ta’liim mempunyai nilai ibadah tersendiri, hadir dalam belajar ilmu agama bersama seorang Aalim atau orang yang berilmu merupakan bentuk ibadah yang wajib setiap muslim. Di dalam pengajian terdapat manfaat yang begitu besar positifnya, didalam pengajian-pengajian manfaat yang dapat diambinya menambah dari salah satu orang yang biasa berbuat negatif dengan memanfaatkannya menjadi positif. Hal seperti ini pada masyarakat muslim pada umumnya dapat memanfatkan pengajian untuk merubah diri atau memperbaiki diri dari perbuatan yang keji dan mungkar.

3. Majlis Sholawat
Majlis sholawat merupakan salah satu Majelis Dzikir dan Shalawat yang sangat ramai dan disenangi oleh masyarakat islam di Malang Raya. Banyak masyarakat yang menghadiri kegiatan ini. Masyarakat berbondong-bondong untuk mengikuti kegiatan ini, malam pagi, dan di sore hari. Biasanya majlis menyenandungkan sholawat dan pujian terhadap nabi Muhammad SAW. Semenjak Malang ramai dengan majlis sholawat ini, banyak masayarakat yang membuka lahan pekerjaan. (ilh)

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :