Agus Candra Kurniawan

Ada Apa dengan Coban Putri ?



Ada Apa dengan Coban Putri ? - Oya. KeMalangaja.com - Apa kabar kera-kera? Kembali ketemu nih sama ayas, yang masih setia berbagi informasi dengan umak-umak mengenai kota Malang tercinta dan sekitarnya. Hehe, seperti adzan aja, pakek sekitarnya... yups,,, kembali ke pembahasan....! nah, ayas akan ngasih informasi nih buat shobat-shobat yang pingin wisata di Malang tanpa bayar, alias gratis tis tis....

Coban putri adalah salah satu coban yang berada di Malang, lokasinya berada di kecamatan Jun Rejo desa Tlekung, dekat dengan Coban Rais. Coban putri ini adalah coban yang masih dijamin keasliannya. Karena di coban ini, shobat shobat akan melihat lingkungan sekitar yang masih alami. Jalan yang berbatu, dan rerumputan yang tinggi-tinggi, mengidentifikasikan bahwa coban ini masih terjaga keasliannya. Selain itu coban ini juga bebas biaya. Biasanya kalau umak-umak berwisata ke coban nih, umak akan ditagih biaya masuh atau biaya parkir. Tapi, di coban ini umak tak perlu membayar. Mungkin, karena coban ini saja yang tidak dirawat oleh pemerintah. Jadi, tidak ada pungutan serupiah pun ketika umak-umak datang kesini.


Coban putri sangat aman bagi para wisatawan yang ingin membawa anak kecilnya untuk mandi. Perihalnya, di coban ini airnya tidak terlalu deras, dan kedalaman pun masih sekitar paha orang dewasa, itu sudah paling dalam. Jadi, buat keluarga yang ingin senang-senang di coban, bisa diajak e coban ini. Selain gratis, dan alami. Di coban ini keluarga anda akan merasa aman bermain air di coban. Ketinggian coban tersebut adalah 35 meter dan lebarnya 3 meter.

Dibalik keindahannya Coban Putri tersebut menyimpan sebuah misteri yang jarang sekali orang-orang yang berwisata ke tempat ini mengetahuinya. Nama coban Putri sendiri diambil dari cerita rakyat setempat. Mungkin bisa dibilang ini adalah mite, tapi perlu juga kita ketahui. Nama tersebut diambil karena pada zaman Kerajaan Singosari, coban tersebut sering disinggahi oleh putri Ken Dedes, permaisuri Ken Arok raja Singosari. Meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa Ken Dedesa sering mandi di Songgoriti. Namun, tempat ini menjadi tempat yang terbilang rahasia untuk pemandian Ken Dedes. Oleh sebab itu, coban tersebut dinamai dengan Coban Putri.


Coban tersebut, bisa dilewati dengan sepeda motor untuk sampai. Tapi, kalau umak-umak ingin pakai Mobil tidak masalah. Tapi, umak-umak harus berjalan kaki sekitar 200 meter menuju tempat. Yah, lumayan jauh, kalau berjalan kaki dari tempat mobil menuju ke tempat cobannya. Meskipun, harus menempuh perjalanan yang jauh, umak-umak akan diberikan keindahan alami air terjun Putri tersebut yang sejuk. Dan juga, umak-umak akan mendengar suara burung yang bersahut-sahutan dan bunyi serangga ketika berjalan.

Jadi, meskipun coban ini terbilang gratis, umak-umak akan tetap dimanajakan dengan keindahan dan kealamiannya. Kesimpulannya, ayas jamin umak-umak tidak bakalan rugi datang ke coban Putri ini. (ilh)

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :