Agus Candra Kurniawan

Destinasi Air Terjun Coban Rais Malang



Destinasi Air Terjun Coban Rais Malang - Oya. KeMalangaja.com - Apa kabar kera-kera? Kembali ketemu nih sama ayas, yang masih setia berbagi informasi dengan umak-umak mengenalkan kota Malang tercinta dan sekitarnya. Hehe, seperti adzan aja, pakek sekitarnya... yups,,, kembali ke pembahasan....! nah, ayas akan ngasih informasi nih buat shobat-shobat yang pingin wisata di Malang. Kali ini yang akan ayas bahas adalah coban rais. Coban Rais memiliki ketinggian terjunan sekitar 20 m dan merupakan salah satu obyek wisata air terjun di kota Batu. Coban ini berada di ketinggian sekitar 1025 m dpl di lereng Gunung Panderman. Tempat wisata ini banyak dikunjungi pada waktu-waktu tertentu saja, seperti adanya kegiatan ospek kampus serta diklat. Saat ini,bumi perkemahannya yang menjadi objek utama, sedangkan air terjun coban rais sebagai pendukung. Dulunya Air terjun memiliki nama “Air Terjun (Coban) Sabrangan” yang memiliki maksud bahwa : jika hendak sampai ke air terjun harus menyeberang 14 kali. Nama Rais diambil dari nama salah satu penduduk desa yang biasa di panggil pak Rais.



Bagi yang menyukai petualangan ekstrim, perjalanan menuju Coban Rais akan sangat dinikmati. Jarak dari bumi perkemahan hingga ke airterjun sepanjang ± 3,5 Km. Perjalanan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki. Sama sekali belum ada perumahan atau bahkan bangunan yang ada selama perjalanan. Perjalanan akan diselimuti udara dingin khas pegunungan, ditemani pohon-pohon,semak belukar dan gemercik air sungai serta sesekali akan berpapasan dengan para penduduk desa yang sedang memikul kayu. Makin lama, keadaan jalan semakin mengecil dan terkadang menanjak dengan jarak yang lumayan jauh. Bahkan ada jalan yang hanya dapat dilalui satu orang dimana jalan tersebut berbatas langsung dengan tebing. Terkadang, tidak terdapat jalan setapak, hanya dapat dilalui dengan mengikuti alur sungai kecil yang terbentuk alami.

Hemm, coban yang terkenal dengan pemandangan eksotis dan romantis. Yups, tempat ini sekarang menjadi tempat yang paling diminati oleh muda mudi yang sedang berlibur atau berwisata ke Malang. Hihihi, jelas kali lah coban ini menjadi tempat yang romantis, pasalnya di coban ini terdapat tempat yang bernama batu flower garden. Hemm, di batu flower garden ini tempatnya romantis banget shob. Sesuai dengan namanya tempat ini memiliki bunga bunga yang indah indah. Selain itu, batu garden romantis karena berada di attas bukit. Hemm, cocok dah buat umak-umak yang ingin foto pra weding.

Tidak hanya batu flower garden shob. Umak juga akan dimanjakan dengan fasilitas lainnya yaitu seperti rumah pohon, Kayu “i love u”, dan jangkar tidur... yups, dijamin dah umak umak semua akan puas datang ke coban ini.

Harga tiket masuk ke coban rais senilai 10 ribu rupiah shob. Jika umak ingin menikmati fasilitas yang ada di dalamnya umak harus bayar lagi shob. Setiap fasilitas yang ada dihargai 10 ribu juga shob. Jadi, kalau umak ingin foto foto di tiga tempat itu umak hanya merogoh uang saku sejumlah 40 ribu rupiah shob... hemmm murah kan shob... dijamin dah umak tak kan rugi.




Perlu diketahui shob, umak umak jika ingin pergi coban ini ayas saranin jangan pas hari libur shob. Karena pasti ramai shob. Tentu jika ramai umak akan terganggu dan kurang menikmati sesi fotonya. Umak kalau maksa datang di hari libur, yah siap siap saja umak akan ngantri untuk sesi fotonya. Hihihiihi... Ayas saranin juga bawa sepatu kotor dulu. Perihalnya jalan di sini belu dipaving semua shob.

Perjalanan ke coban rais dari alun-alun kota Malang ditempuh sekitar 1 jaman shob. Jalannya sangat mudah dilalui shob, bisa menggunakan mobil juga. Jadi, bagi umak yang bawa keluarga bisa tenang bawa mobil. Ayas saranin jika umak dari alun-alun Malang, umak nglewati unmuh atau universitas muhammadiyah, nah nanti bertemu dengan gapura perbatasan Malang Batu, umak langsung saja ke kiri. Nah, akses ke kiri ini lebih cepat shob dari pada umak cari jalan yang lain.

Yaps... itulah shobat yang bisa ayas jelasin ke umak seputar coban rais dan tempat eksotis romantisnya. Jika umaak belum pernah ke Malang. Kemalangaja.com siap menjadi penunjuk jalannya shobat. Dijamin dah, umak ndak bakal rugi. Selain murah, umak juga bisa efisien waktu, karena yang menjadi pemandu wisatanya sangat profesional shobat. Ok thanks....

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :