Agus Candra Kurniawan

Baru! ini dia cara memilih jurusan kuliah ala SBMPTN



Baru! ini dia cara memilih jurusan kuliah ala SBMPTN - Ada yang ingin mencari jurusan kuliah yang tepat untuk umak? Imak punya caranya. Cara Memilih Jurusan Kuliah ala SBMPTN bagi umak yang sudah SMA dan akan menghadapi UAS dan UN tentu nantinya berfikir ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Yups, oleh karena itu, umak harus menyiapkan segala sesuatnya agar umak tak salah dan tau caranya dalam memilih kampus atau jurusan yang tepat.

Cara Memilih Jurusan Kuliah ala SBMPTN

1. Umak Harus Tau Minat dan Bakat Umak

Banyak mahasiswa yang sudah terlanjur kuliah merasa bahwa ia salah memilih jurusan kuliahnya. Karena terkadang banyak siswa yang ingin kuliah hanya ikut-ikutan temannya yang akan kuliah di jurusan A atau B. Padahal ia sendiri tak tahu minat dan bakatnya dimana. Maka dari itu, patut bagi umak yang ingin kuliah harus mengenali minat dan bakat umak.

Caranya, umak coba merenung sejenak. Pasti ada salah satu pelajaran atau pekerjaan yang umak sukai. Nah, jika umak sudah tau apa yang umak sukai dalam pelajaran atau pekerjaan umak. Umak pilih jurusan yang umak sukai tersebut.

Setelah itu Umak juga harus tau bakat umak dimana? Dengan cara umak menyadari apa yang bisa umak kerjakan. Contohnya, umak bisa melukis, pilihlah jurusan kesenian. Atau umak bisa menggambar suatu denah bangunan, maka umak pilih jurusan arsitek.


Biasanya antara, minat dan bakat tidak sama. Karena minat seseorang pasti berubah-ubah. Berbeda dengan bakat sejak seseorang itu lahir ia sudah memiliki bakat masing-masing yang diberikan oleh Allah SWT. Jadi, kalau menurut pendapat imak, masuklah umak di jurusan yang sesuai dengan bakat umak.
Pilihlah jurusan sesuai dengan bakat umak, meskipun nantinya jurusan yang umak pilih tidak terlalu banyak diminati oleh setiap orang.

2. Kenali Dulu Tiap Jurusan yang ada di Kampus Pilihan Umak

Iya, kenali dulu tiap jurusan yang ada di kampus pilihan umak. Apakah, jurusan tersebut sesuai dengan minat dan bakat umak? Jika, sesuai maka pilihlah jurusan tersebut.
Namun, ada hal yang harus umak perhatikan! Umak harus tahu akreditasi dari suatu jurusan tersebut. Karena dengan umak memilih jurusan yang akreditasinya tinggi, umak akan benar-benar mencapai tujuan umak dalam kuliah yaitu, mencari wawasan serta pengetahuan yang lebih.

3. Jangan Tergiur dengan Jurusan yang Tidak Pas dengan Minat dan Bakat Umak

Banyak dari kita, sering tergiur dengan jurusan yang nantinya akan menjadikan kita pegawai negeri atau akan menjadikan kita orang yang sukses. Padahal, ketika kita jalani semua proses perkuliahan kita merasa sadar bahwa apa yang sudah dijalani terasa berat. Mengapa terasa berat? Iya, karena pilihan jurusan kuliah umak sebenernya tidaklah tepat dengan minat dan bakat umak.



Oleh sebab itu, imak sarankan umak untuk jangan tergiur dengan jurusan yang akan menjanjikan umak sukses padahal itu tidak sesuai dengan minat dan bakat umak.

4. Jangan Ikut-ikutan Teman Umak

Nah, ini nih... umak juga perlu mempertimbangkan pilihan jurusan umak. Apakah jurusan yang umak pilih sudah sesuai dengan umak? Ataukah umak terpengaruh dengan teman umak? Hal tersebut harus umak renungkan secara mendalam. Jangan sampai umak memilih jurusan karena teman umak.
Peristiwa ini banya terjadi di kalangan siswa yang mudah terpengaruhi oleh temannya yang pada akhirnya siswa tersebut memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakatnya.

5. Ketika Umak Sudah Mantap, Sampaikan Kepada Orang Tua Umak

Ketika umak sudah mantap dengan pilihan umak, maka sampaikanlah kepada orang tua umak. Pahamkan kepada orang tua umak, walau nantinya akan sedikit ada perdebatan. Jelaskan jika umak memilih jurusan tersebut karena memang jurusan tersebut adalah bakat umak. Dan umak senang menjalaninya, walau nantinya tidak akan membawa umak menjadi kaya raya.

Karena sesungguhnya, kuliah itu akan mengasah lagi bakat kita. Dan menjadikan kita tenang serta nyaman dalam menjalani perkuliahan.

6. Berdoalah...!

Nah, setelah umak melakukan hal-hal di atas tersebut. Mulailah berdoa kepada Allah. Agar apa yang umak pilih diridhoi oleh Allah. Sehingga dapat membawa umak ke pintu kesuksesan dunia dan akhirat.
Mohonlah pada Allah setiap kali selesai sholat. Mintalah petunjuk padanya. Karena kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, dan Allah lah yang menakdirkan segalanya.

Itulah sedikit pemaparan dari imak mengenai cara memilih jurusan yang tepat bagi umak. Imak doakan umak mendapatkan jurusan yang terbaik, yang sesuai dengan bakat dan minat umak. Cara Memilih Jurusan Kuliah ala SBMPTN

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :