Agus Candra Kurniawan

Keunikan Pasar Comboran kota Malang, Destinasi wisata Belanja Malang



Keunikan Pasar Comboran kota Malang, Destinasi wisata Belanja Malang - Oya, KeMalangAja.com sam, kamb...! Bicara tentang Malang, tak kan pernah habis untuk membahasnya shob. Mengapa begitu? Yaps, Malang memang menjadi tempat yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan, tak hanya para wisatawan shob, begitu banyak orang yang merantau ke tempat ini untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Malang memanglah Kota dengan sejuta ketertarikan, ibarat sebuah benda di kota Malang bagaikan Magnet. Ia menarik setiap orang yang melihatnya, baik dari segi perekonomian, pendidikan, dan pariwisatanya.
Kali ini ayas akan memberikan informasi seputar Keunikan Pasar Comboran kota Malang. Nah, bagi umak yang baru dengar pasar Comboran, umak wajib baca sampai selesai.

Informasi Seputar Pasar Comboran Malang

Asal usul dan desas desus mengenai nama pasar comboran ini kira-kira sudah pada tau gak? Kalau belum tau imak akan kasih tau asal-usul nama pasar comboran.

Kata comboran diambil dari kata nyombor. What is nyombor? Hehe, nyombor mempunyai arti kuda yang sedang buang hajat atau tai’. Hehehe... loh trus? Yaps, imak akan lanjutkan ceritanya....


Jadi, pada zaman dahulu, Pasar ini mulanya adalah terminal dokar yang kumuh dan bau. Tentu karena banyak kuda yang markir disini otomatis si kuda juga buang hajatnya di sini shob..

Sudah tau kan?
Pasar Comboran merupakan satu-satunya pasar yang memiliki keunikan. Pasar comboran adalah pasar loak yang dibuat oleh pemenrintah setempat untuk membuat perekonomian masyarakat menjadi stabil.
Pasar Comboran ini sebenernya dibagi menjadi empat tempat. Atau lebih tepatnya empat jalan. Namun karena banyak orang yang tidak mau ribet masalah jalan. Akhirnya orang-orang menyebutnya Jl. Pasar Comboran...



Adapun pembagian tempat yang terdapat di Pasar comboran Malang adalah sebagai berikut:

1. Di Jl. Prof. Moh. Yamin

Di jalan ini umak akan diberikan suguhan sepeda sepeda tua dan modern yang serba murah meriah. Banyak orang menyebutnya di Jalan ini adalah Comboran bagian Utara, yang spesialisnya yaitu menjual sepeda pancal atau sepeda kayuh shob.
Jika, umak ingin membeli sepeda, ayas sarankan ke tempat ini, di sini lengkap sepeda yang ditawarkan. Ada sepeda lawas atau jadul seperti onthel, ada sepeda yang modern seperti sepeda balap atau sepeda gunung.

2. Di Jl. Irian Jaya

Biasanya di Jl. Irian Jaya menyebut Comboran bagian barat. Yups, perihalnya tempat ini merupakan tempat paling barat di pasar comboran.
Nah, di jalan ini umak bisa mendapatkan onderdil sepeda motor, mobil, dan yang lainnya yang sangat murah meriah shob. Tidak hanya itu di tempat ini juga terdapat orang yang menjual barang-barang antik seperti batu akik, keris, dan kaset kaset jadul.

3. Di Jl. Halmahera

Nah, di jalan ini juga memiliki spesialis shob. Orang-orang banyak membuka atau menjual peralatan elektronik. Seperti handphone, komputer, kabel, dan lain-lain. Namun, tidak hanya itu saja shob... tempat ini juga ada yang menjual minyak wangi dan alat-alat pancing.

4. Di Jl. Sartono SH

Nah, ini merupakan tempat yang terakhir yang akan imak jelaskan. Kira-kira sudah pada tau belum? Di Jalan ini spesialisnya apa? Di tempat ini saya fikir tidak ada spesialisnya shob. Mengapa begitu? Karena umak akan menemukan banyak penjual yang menjual berbagai mancam dagangan.
Antara lain yang dijual di sini, seperti jual beli LPG bekas atau baru, pakaian impor berkas, sepatu, dan elektronik. Jadi, di tempat ini tak punya spesialisasi barang yang dijual shob.

Lokasi Pasar Comboran Malang

Lokasi Pasar Comboran ini terletak di sebelah selatan Pasar Besar Malang, tepatnya di Jl. Prof. Moh. Yamin, Jl. Irian Jaya, Jl. Halmahera, dan Jl. Sartono SH. Nah, tempat lokasi pasar comboran berada di 4 jalan.




Banyak orang yang tidak memahami lokasi ini, karena mereka menganggap jalan ini merupakan jalan Comboran. Jadi, jika ada yang bertanya nama jalan yang sudah disebutkan tadi. Bisa jadi, orang orang tidak paham dan mengerti dengan jalan tersebut.

Selanjutnya, imak akan berikan informasi rute ke Lokasi pasar comboran. Oleh sebab itu, yuk lanjutkan bacanya...!

Rute Perjalanan Pasar Comboran Malang

Jika umak-umak ingin pergi ke tempat ini ayas akan berikan rutenya, dijamin kagak bakalan tersesat. Rutenya adalah Alun-alun Kota Malang – Pasar Besar – Pasar Comboran.

Jika umak dari alun-alun kota Malang umak lurus ke selatan melewati Pasar Besar Malang setelah melewati pasar besar itu umak tetap jalan lurus ke selatan, nah, umak akan sampai ke pasar comboran.

Itulah rute yang tepat, jika umak ingin ke Pasar Comboran. Untuk ke tempat ini atau pasar comboran ini umak bisa kok dengan berjalan kaki dari Alun-alun Kota Malang. Karena pasar ini tidak begitu jauh dengan Alun-alun kota Malang.

Atau umak ingin naik angkot juga bisa. Umak hanya membayar 2.000 rupiah karena sangat dekat sekali shob.

Keunikan di Pasar Comboran Malang

Pasar Comboran Malang memiliki keunikan tersendiri shob, Pasar ini unik karena beberapa hal. Nah, beberapa hal itu akan imak jelaskan setelah ini. Adapun keunikan Pasar Comboran Malang adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai 4 Tempat

Yups, seperti yang pernah imak sampaikan di awal shob. Pasar ini memiliki empat tempat shob. Coba umak cari dah, kira-kira ada nggak pasar yang memakai 4 tempat namun tetap dalam naungan satu nama yaitu COMBORAN.

Jadi, patut lah kiranya bahwa saya menyebut pasar ini sangat unik karena tempatnya yang di pinggir jalan.

2. Setiap tempat memiliki spesialisasi

Yaps, setiap tempat memiliki spesialisasi shob, begitulah fakta membuktikan. Ke empat tempat tersebut memiliki kekhasan dan kekhususan dalam menjual. Jadi, umak jika ingin mencari sesuatu langsung saja ke tempat tujan tanapa bingung carinya di seblah mana.

3. Pasar yang serba ada

Oyi, pasar ini sangat unik shob, umak mau cari apa saja, ayas yakin pasti ada. Oleh, sebab itu imak menyimpulkan pasar ini memang sangat unik shob. Karena menyediakan segala macam yang dibutuhkan oleh manusia.

4. Harga yang miring

Nah, keunikan yang terakhir ini memang tak bisa dipungkiri lagi shob. Harga yang miring memang menjadi keunikan tersendiri di tempat ini. Tak hanya barang bekas saja shob yang dijual miring, tapi barang-barang bagus dan baru juga di jual dengan sangat murah shob.

Jadi, imak sarankan kepada umka yang ingn berbelanja untuk mencoba berbelanja ke tempat ini.
Itulah beberapa keunikan dari pasar comboran Malang shob. Untuk penjelasan selanjutnya imak akan menjelaskan mengenai tips-tips dalam berbelanja di pasar comboran Malang.

Adapun penjelasannya, setelah ini... makanya, yuk.,.. lanjut baca shob...!

Tips Belanja di Pasar Comboran Malang

imak akan memberikan beberapa tips untuk umak yang ingin berbelanja di tempat ini atau Pasar Comboran Malang. Adapun tips-tipsnya bisa umak coba sebagai berikut:

1. Jangan mematok harga sendiri

Karena di tempat ini tidak diberi price atau informasi tentang harga, jadi patut lah kiranya umak sebelum membeli barang menanyakan terlebih dahulu harganya.

Kebanyakan pelanggan sering mematok harga sendiri karena ia pikir harga ia patok sudah sangat murah. Padahal di tempat ini harganya sangat miring sekali shob. Jadi, umak tunggu dan bersabar sampai orang atau si penjual mematok harga barang tersebut.

2. Tawar barang dengan harga 15% dari penjual

Setelah umak ketahui harga dari penjual tadi, umak coba tawar harga barang tersebut dengan 15% dari penjual. Contohnya, jika si penjual memberikan harga Rp. 100.000 umak coba tawar dengan Rp. 15.000. hemmm, mungkin umak pikir ini kemurahan, iya memang shob ini kemurahan.

Tapi, dengan kita menawar begitu, si penjual terkadang akan menurunkan harga yang ditawarkan. Kejar tawar menawar tersebut sehingga harga yang berikan hingga 30% dari harga Awal. Jadi kalau 100.000 berarti kena 30.000.

Biasanya itu sudah masuk harga pas dan pasarannya seperti itu shob.

3. Cari tau harga di toko yang lain

Namun, bagi umak yang ingin lebih tau dan lebih dalam mengenai harga pasaran barang tersebut. Imak sarankan umak juga tidak hanya ke satu tempat toko saja. Tapi juga ke tempat yang lainnya.  Untuk mencari tau harga pasnya berapa.

4. Sabar, Jangan gegabah dalam membeli barang

Yah, untuk yang nomer empat ini, banyak yah pelanggan gegabah dalam membeli barang. Karena ia pikir ia butuh barang tersebut dan ia punya uang. Gak papalah dibeli dengan harga segitu.

Padahal nih yah shob, umak sebenernya bisa menurunkan harga tersebut dengan tawaran yang sangat rendah. Sabar adalah kunci dimana umak akan mendapatkan harga yang pas. Agar umak gak gampang dikibulin atau dibohongin.

Yups, itulah beberapa hal yagn bisa imak sampaikan kepada umak mengenai seputar tentang Pasar Comboran Malang. Demikian dari imak, imak sampaikan terimakasih banyak telah berkenjung di WEB imak. Sering-seringlah berkunjung di WEB imak, imak akan senantiasa memberikan sajian informasi seputar Malang.

Dan silahkan share jika artikel-artikel imak bermanfaat untuk umak...!
Keunikan Pasar Comboran kota Malang, destinasi wisata Belanja Malang

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :