Agus Candra Kurniawan

Kuliah di UIN Malang Kampus Islami Era Modern



Kuliah di UIN Malang kampus Islami era modern, yups... ingin kuliah sambil mondok? Ya di UIN Malang... selain umak mendapatkan ilmu dunia umak juga akan mendapatkan ilmu akhirat shobat... karena di kampus ini umak bisa mondok alias menyantri shobat.

Ingin tau lebih lanjut Universitas Islam Malang?
Yuk lanjut baca..>

Sejarah UIN Malang

Berdirinya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Berawal dari gagasan para tokoh provinsi Jatim yang ingin mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam. Namun, tetap di bawah Departemen Kementerian Agama, akhirnya dibentuklah Panitia Pendirian IAIN Cabang Surabaya.

Melalui Surat Keputusan Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 yang tugasnya untuk mendirikan Fakultas Syari’ah yang berada di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah yang berada di Malang. Ternyata keduanya adalah fakultas cabang IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan diresmikan bersamaan oleh Menteri Agama pada 28 Oktober 1961.



Sekitar pertengahan 1997 Fakultas Tarbiyah Malang IAIN Sunan Ampel beralih status menjadi STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri). Dengan begitu, sejak saat itu pula STAIN Malang merupakan lembaga pendidikan tinggi Islam otonom yang lepas dari IAIN Sunan Ampel yang berada di Surabaya.
Setelah bertahun tahun dengan nama STAIN Malang akhirnya kampus yang saat ini bernama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini semakin berkembang. Sehingga pada tahun 2004 STAIN Malang mengubah kelembagaannya menjadi Universitas. Pengubahan kelembagaan tersebut diresmikan oleh Menko Kesra Prof. H. A. Malik Fadjar, M.Sc atas nama Presiden pada tanggal 8 Oktober 2004 dengan nama Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.



Dan perubahan nama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yaitu pada masa kepresidenan Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 27 Januari 2009. Karena nama terseebut dirasa sangat panjang, maka pada pidato dies natalis ke-4, Rektor menyampaikan singkatan nama Universitas tersebut dengan menjadi UIN Maliki Malang.
Hemm.... ternyata begitu yah, sejarahnya...

Profil UIN Malang

UIN Maliki Malang adalah Universitas Islam Negeri satu-satunya yang berada di daerah Malang. Dengan ciri khas yang sangat melekat dan berbeda dengan kampus lainnya, universitar ini mengharuskan seluruh anggota civitas akademika untuk menguasai bahasa Arab dan Bahasa Inggris.



Letak universitas ini di Jalan Gajayana (No. 50) Dinoyo Malang dengan lahan seluas 14 hektar. Universitas ini sangat modern shobat, perihalnya sangat banyak yang gedung dan fasilistas yang dibangun.
Universitas ini memiliki 6 fakultas, 6 Program Pascasarjana dan 2 Program Dotor. Adapun Fakultas yang terdapat di Universitas ini sebagai berikut:

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
dan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Fakultas Syari’ah

Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
dan Hukum Bisnis Syari’ah

Fakultas Humaniora

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Fakultas Ekonomi

menyelenggarakan Jurusan Manajemen, Akuntansi, Diploma III Perbankan Syariah, dan S-1 Perbankan Syariah

Fakultas Psikologi

Fakultas Sains dan Teknologi

menyelenggarakan Jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur dan Farmasi.

Adapun Program Pascasarjana mengembangkan 6 Program studi magister

1. Program Magister Manajemen Pendidikan Islam
2. Program Magister Pendidikan Bahasa Arab
3. Program Magister Agama Islam
4. Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
5. Program Magister Pendidikan Agama Islam
6. Program Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah.

Dan program doktor terdapat 2 program

1. Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam
2. Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab.

Dengan dikembangankannya pendidikan tersebut serta model yang islami namun tetap dapat mengikuti zaman, UIN Maliki berharap akan dapat melahirkan lulusan yang berpredikat ulama’ yang profesional.
Selain itu UIN Maliki berharpa lulusannya tidak hanya menguasai disiplin ilmu masing-masing sesuai program studinya, akan tetapi lulusan UIN Maliki Malang juga menguasai al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber pokok utama ajaran Islam.



Jadi itu shobat, yang bisa imak bahas dan kasih tau ke umak mengenai UIN Maliki Malang. Kuliah di UIN Malang kampus Islami era modern.

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :