Agus Candra Kurniawan

Wow ini Dia 5 Keajaiban Masjid Tiban Malang Jawa Timur




Wow ini dia 5 keajaiban masjid tiban Malang Jawa Timur - Oya, KeMalangAja.com ker yo...!
Semangat pagi semangat 45 Ker. Hehe, kembali imak menyapa umak dengan suguhan informasi wisata khas Malangan. Yups, cap cus Ker..! kali ini imak akan memberikan suguhan informasi tentang masjid Tiban Malang Jawa Timur.

Ada yang tau kan wisata Masjid Tiban itu? Yups, itu tuh yang terkenal dengan keajaiban dan mistis, penuh misteri. Heheh.. imak akan menjelaskan beberapa keajaiban Masjid Tiban yang berdar di masyarakat.

Sebelum imak memberikan informasi keajaiban-keajaiban tentang Masjid Tiba ini. Imak akan memberikan informasi lokasi dan rute perjalanannya. Jadi, jika umak ingin pergi kemari umak sudah tau rute perjalanannya.

Yuks, lanjutin bacanya ker..!

Sekadar info tentang Masjid Tiban




1. Katanya nih ker, masjid yang dibangun ini memliki banyak misteri dalam pembuatannya.
Katanya masjid ini dibangun dengan bantuan para jin. Itu katanya ker... Tapi, desas desus mengenai misteri pembangunan masjid Tiban ini dibantah oleh para pengelola. Karena memang murni, masjid tiban ini yang membangun adalah para santri dan warga sekitar.

2. Masjid tiban ini sebenernya bukanlah masji ker.
Yups, memang kelihatannya sih designnya seperti masjid, namun masjid ini sebenernya adalah Pondok Pesantren Syalafiah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah.
Tapi, kebanyakan para wisatawan menganggapnya Pondok ini merupakan Masjid karena bentuknya sama seperti Masjid. Begitu ker..

3. Pondok Pesantren ini di bangun oleh Romo KH Ahmad Bahru Mafdlauddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam. Dimana beliau sangat handal dalam bidang arsitektur.

4. Pembangunan ini sebenernya sudah dimulai semenjak tahun 1978 ker. Wuih, sudah lama banget yak. Makanya, para santri yang ada di pondok merasa tidak terima ker, jika ada yang mengatakan bahwa pondok ini dibangun oleh jin.

Iyalah kagak terima, bayangkan coba pembangunannnya sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu. Terus, orang-orang menganggap ini dibangun oleh jin. Heheh, terlalu...

5. Nama Masjid Tiban
Yups, asal usul nama masjid tiban ini yaitu karena desas desus dari warga sekitar dan wisatawan yang menganggap masjid ini ada secara tiba-tiba, atau tidak diduga.

Namun, terkadang ada beberapa warga masih menyebut, masjid ini dengan nama masjid sanan. Sebutan masjid sanan tersebut karena masjid ini berada di desa Sanan ker.
Selanjutnya...

Lokasi Masjid Tiban
Masjid Tiban Malang Jawa Timur ini terletak di Malang bagian selatan ker. Tepatnya, di Jl. KH. Wahid Hasyim, Gg Anyar, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Prov. Jawa Timur.
Berlokasi di tempat sananrejo menjadikan masjid ini sangat mudah untuk ditemui. Jadi, untuk umak yang ingin pergi kemari tak perlu merasa khawatir, karena tempatnya sangat mudah dilewati. Bahkan sebagian wistawan memakai kendaraan bus ke tempat ini.

Untuk selanjutnya yuk kita cari tau rute perjlanannya..!
Rute Perjalanan ke Lokasi Masjid TIban
Yups, jika tak ingin tersesat di jalan, cobalah tanya kepada ahlinya KeMalangAja.com. yang selalu mempermudah pengunjung untuk mengetahui tempat lokasi tujuan wisatanya. Heheh
Untuk rute perjalanan ke lokasi Masjid Tiban ini ker imak kasih taunya dari arah Alun-alun Kota Malang yak. Berikut rute ke tempat Wisata Masjid Tiban; Alun-alun kota Malang – Gadang – Bululawang – Kec. Turen – Desa Sananrejo – lokasi Wisata Masjid Turen.

Nah, sudah tau rute perjalannya kan? Ayo kapan umak-umak mau maen-maen kesini? Hihihi.
Jika umak sudah tau beberapa informasi di atas, masih ada satu nih yang perlu umak ketahui dan penting sekali.. apa yak? Yups, bener kerr, HTM atau Harga Tiket Masuk ke tempat wisata religi ini.

HTM; Harga Tiket Masuk Masjid Tiban
Hem,, ini dia yang menjadi pertanyaan bagi para pengunjung atau wisatawan yang ingin berlibur ke tempat wisata religi masdji Tiban. Yak, imak akan memberikan informasi mengenai HTM Masjid Tiban ini.

Yups, untuk harga tiket masuk Masjid Tiban ini adalah Rp. 0 ker. Hah, berarti gratis dong. Yoi ker, umak tak perlu merogoh kocek jika ingin ke tempat ini. Tapi, umak hanya dikenakan biaya parkir saja ker.
Parkirnya, alhamdulillah sangat murah ker antara Rp. 3.000 samapai dengan Rp. 15.000. itu untuk
sepeda motor sampai kendaraan besar yaitu bus. Jadi, tunggu apalagi ker.. ayo berlibur ke tempat ini..!
Selanjutnya adalah;

5 Keajaiban Masjid Tiban Malang Jawa Timur

Yups, mengenai keajaiban-keajaiban di Masjid Tiban ini akan imak jelaskan secara singkat dan padat. Kira-kira apa saja yah keajaiban masjid tiban Malang Jawa Timur ini?
Ini lah beberapa keajaiban Masjid Tiban menurut KeMalangAja.com;

1. Arsitek

Yups, bicara tentang arsitek dari Masjid Tiban ini, umak pasti berprasangka bahwa arsiteknya dari luar negeri. Atau kalau pun bukan dari luar negeri arsiteknya lulusan perguruan tinggi yang terkenal.
Heheh, umak salah semua ker, jika masih berprasangka seperti itu. Mengapa begitu? Yups, karena arsitek pemangunan Masjid Tiban ini adalah seorang KH. yups, Kiyai Haji... bukan orang yang bergelar Sarjana apalagi Magister arsitektur.

Seperti yang imak katakan di awal, bahwa yang menjadi arsitek adalah Romo KH. Ahmad Bahru Mafdlauddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam yang bukan lulusan perguruan tinggi arsitek.
Beliau hanya melakukan sholat istikharah, dan mendapat pentunjuk untuk mendesain bangunan Masjid Tiban ini. Hemm, oleh sebab itulah arsitek Masjid Tiban ini merupakan keajaiban.

2. Lama Pembangunan

Yah, untuk yang ke dua ini adalah mengenai durasi pembangunan yang sangat lama. Tak mudah lo ker, untuk para tukang atau para pembangun tetap istiqomah dalam membangun sebuah gedung atau masjid.

Lama pembangunan ini sekitar 30 tahunan ker. Wah, lama banget yak. Nah, oleh sebab itu imak mengatakan ini merupakan keajaiban juga ker.

3. Gaya Arsitekturnya

Iyah, sangat jelas ker, untuk keajaiban yang ke tiga ini tak boleh dilupakan. Perihalnya Gaya Arsitektur pembangunan ini merupakan empat perpaduan yaitu, gaya Arab, China, India, dan Modern.

Menurut imak ker, tak mudah untuk menerapkan empat gaya arsitektur tersebut ker. Dan, ini merupakan keajaiban ker...

4. Ornamen di dalamnya

Yups, ornamen di dalam masjid ini sangat banyak membuat orang takjub. Perihalnya, di dalam masjid ini terdapat aquarium yang besar dengan ikan-ikan yang besar juga.

Tak hanya itu, ornamennya sangat unik-unik ker. Jika umak masuk ke dalam masjid ini, serasa berada di dalam Goa. Atau serasa berada di sebuah kerajaan. Karena ornamen-ornamen yang ada di dalamnya sangat mendukung ker.

5. Pembangunan Tanpa Alat Modern

Nah, ini ker... sangat ajaib menurut imak. Perihalnya, selama pembangunan tak ada satupun alat bantu yang modern yang besar untuk membangun masjid yang bertingkat 10 ini.

Kalau kita pikir sih, untuk membuat gedung yang bertingkat 10 haruslah menggunakan alat modern ker. Tapi, ini tidak sama sekali. Jadi, patutlah pembangunan dengan tidak menggunakan alat modern ini menjadi keajaiban.

Demikian ker, yang bisa imak sampaikan kepada umak mengenai Masjid Tiban Malang Jawa Timur dan 5 keajaiban masjid tiban Malang Jawa Timur. Jika umak ingin berlibur kemari imak sarankan umak pakai jasa pemandu wisata ker.

Nah, untuk jasa pemandu wisatanya, imak siap ker untuk meyani umak dalam memandu wisata yang ingin umak kunjungi di Malang. Karena imak sangat profesional dan sudah terbiasa menjadi Pemandu wisata.

Jika umak berminat langsung hubungi imak saja yak...
Terimakasih...

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :