Agus Candra Kurniawan

Wow, Kampus Unisma Ternyata Bikin Orang...



Wow, Kampus Unisma ternyata bikin orang... kampus unisma adalah kampus islam swasta yang berada di Malang. Unisma kepanjangan dari Universitas Islam Malang. Kampus ini terletak di Jl. Mayjen Hryono 193 Kota Malang, Jawa Timur.

Ada yang tau sejarah pendirian Unisma?
Kalau belum, lanjtukan baca yuk!

Sejarah Kampus Unisma

Unisma atau Universitas Islam Malang merupakan kampus yang didirikan oleh beberapa tokoh masyarakat, ulama dan cendikiawan muslim dari Nahdlatul Ulama di Kota Malang, yang menginginkan Perguruan Tinggi islam yang besar serta berkualitas.

Beberapa tahun yang lalu awal mulanya pendiriannya berupa Fakultas Tarbiyah Watta’lim (FTT) di dalam naungan UNU (Universitas Nahdlatul Ulama). Yang dikukuhkan oleh SK. Menteri Agama RI Nomor: 16/1963 tanggal 12 Januari 1963. Dimana pada saat itu telah dinyatakan lulusan sebagai Sarjana Muda FTT UNU Malang UNU telah legal dan diakui sesuai SK. Menteri Agama RI di atas tersebut.




Selanjutnya, Nama UNU Malang diganti lagi menjadi Unsuri Jawa Timur pada tahun 1971 yang pusatnya berada di Surabaya, namun tetap terdapat beberapa fakultas di Malang.

Dalam pergantian UNU Malang ke Unsuri Jawa Timur, kampus ini menjadi berkembang dan mendapati tambahan berdirinya beberapa fakultas, antara lain; fakultas Tarbiyah, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, dan Pengetahuan Masyarakat.



Dan pada tanggal 27 Maret 1981 berdirilah Yayasan yang bernama Yayasan Sunan Giri. Seiring berdirinya Yayasan Sunan Giri tersebut para cendikiawan muslim dari kalangan NU sepakat untuk menyatukan Unsuri Jawa Timur dengan Universitas Sunan Giri Malang dan diberi nama UNISMA.

Dimana sejak tanggal 7 Oktober 1983 UNISMA mendapat SK Mendikbud RI Nomer: 0425/1983. Adapun fakultas yang terdapat di UNISMA pada tahun itu yakni, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Perguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Administrasi.
Jadi itulah sejarah berdirinya Universitas Islam Malang yang imak ketahui....
Selanjutnya, Apakah umak ingin tahu perkembangan yang sekarang?

Berikut Kemajuan dan perkembangan UNISMA di masa sekarang

Kampus Unisma mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana kalau UNISMA yang dulu hanya berfokus pada bidang pendidikan. Pada masa sekarang Unisma telah berkembang di luar bidang pendidikan. Contoh nyatanya adalah pendirian Fakultas Kedokteran.
Keren kan...! Wow, Kampus Unisma ternyata bikin orang...

Berikut Fakultas yang ada di Kampus Unisma:

Fakultas Ekonomi (FE)
Fakultas Agama Islam (FAI)
Fakultas Hukum (FH)
Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)
Fakultas Kedokteran (FK)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Fakultas MIPA
Fakultas Pertanian (FP)
Fakultas Peternakan (FPet)
Fakultas Teknik (FT)
Fakultas Sarjana
Politeknik

Jadi itulah beberapa fakultas yang ada di UNISMA... Jadi tunggu apalagi? Umak ingin kuliah? Ya di UNISMA aja ya.. Kampus yang berlatar belakang NU (Nahdlatul Ulama’).
Selain beberapa pengetahuan penting di atas ada juga nih yang gak kalah penting. Yups, mengenai Susunan Pemimpinan UNISMA.

Yuk lanjutkan baca>...!

Susunan Pimpinan UNISMA

Rektor : Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si
Warek I : Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd.,Ph.D
Warek II : Noor Shodiq Akandar, SE.,MM
Warek III : Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, MP

Hemm keren bukan? Mlihat gelarnya ngeri shobat... dijamin dah, umak kuliah di sini merupakan pilihan yang tepat. Kalau umak jadi nih kuliah di sini, umak harus hafalin tuh susunan pimpinan UNISMA, kalau nggak... ya nggak apa-apa shobat.
Namun, imak rasa miris juga shobat jika umak kuliah tapi ndak tau nama susunan pimpinan kampusnya.. hehehe, makanya umak hafalin tuh susunannya mulai sekarang juga.
Yups, itulah beberapa wawasan dan pengetahuan sejarah, profil, dan susunan pimpinan UNISMA yang bisa imak kasikan ke umak sekalian....
Bayyyy...... Wow, Kampus Unisma ternyata bikin orang...

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :