Agus Candra Kurniawan

5 Hal Berat yang Harus Dijalani oleh Mahasiswa Baru



Assalamualaikum... Apa kabar ker..? tak beri kabar satu hari serasa satu bulan. Yuk, kita nambah wawasan lagi dengan membaca artikel informasi berikut. Ada beberapa yang ingin saya bagi informasi kepada umak-umak yang sedang kuliah saat ini. Karena informasi ini dirasa sangat penting. Jadi, ayas minta pendapat umak nih. Sepakatkah umak dengan pendapat ayas setelah ini?


Anak kuliahan atau bahasa kerennya mahasiswa menurut KBBI offlin adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Kata maha melakat pada orang yang belajar di perguruan tinggi, padahal kita tahu bahwa maha hanya dipakai dan disandingkan dengan nama-nama tuhan atau Allah. Begitu mulianya maha tersebut disandagkan dengan siswa. Oleh sebab itu, mahasiswa wajib memberikan dan menunjukkan sikap-sikap terbaiknya. Bicara mengenai mahasiswa, ada bebrapa yang perlu umak-umak ketahui ketika menjadi mahasiswa baru, yaitu 5 hal berat yang harus dijalani oleh mahasiswa baru. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama 5 hal berat yang harus dijalani oleh mahasiswa baru menurut KeMalangAja.Com :

1. Mencari kos Murah

Hemm... kos-kosan. Kos-kosan itu di kota ibarat sawah di desa. Oleh sebab itu, banyak orang kota memanfaatkan rumahnya untuk dijadikan tempat kos atau sewa kamar dan mahasiswa-mahasiswa lah yang menjadi sasarannya. Mahasiswa menjadi peluang usaha bagi warga atau masyarakat di seitar kampus. Tentu, tidak aneh jika setiap tahunnya kos-kosan naik shobat. Jadi, bagi mahasiswa baru mencari kost murah sangatlah dirasa berat.

2. Menjadi peserta ospek

Yuhu.. menjadi peserta ospek adalah salah satu hal yang dirasa berat oleh mahasiswa baru. Karena ospek bukan ajang tempat senang-senang. Jadi, ospek atau kepanjangan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus itu adalah wadah kegiatan bagi mahasiswa baru sebagai pembelajaran tingkat awal, dan mempersiapkan mahasiswa dalam kuliah. Jadi, kegiatan-kegiatannya lebih kepada membentuk mental siswa yang dulunya serba dengan hura-hura menjadi haru-haru. Tugas yang diberikan di dalam ospek beragam dan nyeleneh shobat, seperti; disuruh merangkum materi, dan membawa barang-barang yang kita tidak tahu. Nah, tugas inilah yang menjadi penyebab mahasiswa baru merasa menjadi peserta ospek dirasa berat bagi mahasiswa baru.

3. Belajar Mandiri

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 1988: 625), kemandirian adalah keadaan dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Terutama pada orang tua shobat. Hal tersebut juga dirasa berat bagi mahasiswa baru. Perihalnya, mereka yang ketika SMA/SMK/MA dulu masih bergantung segalanya kepada orang tua. Kini, mereka harus bisa mandiri seperti, makan, bangung tidur, ibadah, dan mengerjakan tugas.

4. Mencari Teman Sejati

Teman adalah orang spesial yang kita miliki selain keluarga. Teman yang baik adalah teman yang selalu ada, mendukung saat susah dan senang, sekaligus mengkritik saat Anda berbuat salah. Nah, ini juga dirasa berat bagi mahasiswa baru. Karena tidak mudah mencari teman yang seperti itu dalam waktu sesingkat singkatnya.

5. Memilih: Jalan-jalan atau Ngerjakan Tugas

Ketika pilihan ada di depan mata, dan itu menurut kita sama-sama menjadi prioritas. Jalan-jalan atau ngerjakan tugas. Banyak mahasiswa baru merasa hal tersebut menjadi sangat berat untuk dijalani. Berhubung mereka masih baru, dan baru lepas dari orang tua. Tentu, keinginan bebas sebebas bebasnya masih ada dalam benak mereka. Apalagi tempat kuliah kita ditunjang dengan tempat wisata yang banyak. Namun, ketika perasaan itu datang, ada hal yang juga harus kita selesaikan yaitu tugas. Nah, disitulah mahasiswa baru terkadang merasa berat untuk memilihnya. Kalau saran saya sih lebih baik mengerjaka tuga dulu, untuk jalan-jalannya mending mencari hari kosong atau hari libur ketika UAS (ujian akhir semester) telah berakhir.

Itulah, informasi yang bisa ayas berikan kepada umak-umak semua. Setuju atau tidaknya, ayas serahkan semuanya ke sobat-sobat kemalangaja.com sebagai pembaca. Intinya ayas hanya berbagi rasa, bahwa apa yang dirasakan/dialami seperti apa yang telah ayas tuliskan di atas tersebut. Semoga bermanfaat... wassalam ker.... jangan lupa komen dan bagikan yak..... ditunggu...! (ilh)

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :

1 komentar:

Write komentar