Agus Candra Kurniawan

3 Jajanan Murah, Terlaris dan Terkenal di Malang



3 Jajanan Murah, Terlaris dan Terkenal di Malang - Oya, KeMalangAja.com yukkk! - Assalamualaikum shobat-shobat KeMalangAja.com. Ayas tak akan basa basi lagi nih shob. Kali ini aya akan memperkenalkan beberapa jajanan khas kota Malang yang murah meriah, terlaris, dan terkenal ilakes. Apa itu? Shobat-shobat yang belum pernah ke Malang pasti penasaran. Ini dia nih beberapa jajanan murah, terlaris, dan terkenal di Malang versi KeMalangAja.com:
1. Cilok
Cilok ya... bukan cinlok, tanpa N... hehehe. Cilok adalah makanan yang meurut ayas adalah makanan yang sangat mudah ditemui di kota Malang. Umak-umak bisa menemuinya di sekolah-sekolah, kampus, tempat wisata, dan pasar-pasar. Hehem, cilok merupakan makanan seperti pentol, campuran daging dan tepung. Biasanya tidak hanya itu, isinya beragam seperti, gorengan, siomay kecil, dan tahu pentol. Juga dicampur dengan tomat, kecap, saus kacang dan saos/cabe. Sebenernya nih, cilok tidak hanya ada di Malang, di bandung juga ada. Bedanya, kalau di Malang pada resep bumbu kacangnya. Tapi, ayas sendiri belum bisa bedain mana cilok bandung, mana cilok Malang. Hehehe.

2. Sempol
Selain cilok, baru-baru ini ada jajanan new di kota Malang yang banyak dijual pedagang dan disukai masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Jajanan berbahan campuran tepung dan ikan ini diberi nama "Sempol". Berbeda dengan cilok yang bentuknya seperti pentol, jajanan satu ini tepungnya ditempelkan di bambu yang sudah dihalusi seperti ukuran lidi. Sementara itu, dalam proses pembuatan, bahan yang yang diperlukan yaitu tepung dan ikan segar. Selain menggunakan ikan, bisa juga diganti dengan daging Sapi maupun Ayam. setelah kedua bahan tersebut dicampur dan ditambahkan beberapa bumbu, kemudian ditusuk atau dibalutkan ke lidi bambu yang berbentuk pipih dan memanjang. Kemudian sempol dimasukkan kedalam minyak panas hingga setengah matang untuk selanjutnya di celupkan kedalam adonan telur dan di goreng kembali hingga matang, terangnya. Untuk penyedap rasanya sama dengan bumbu yang dipasang di cilok yaitu dengan tomat, kecap, saus kacang dan saos/cabe.



3. Mendol
Mendol adalah salah satu jajanan khas Malang yang sering ditemui di gorengan. Mendol merupakan jajanan tempe yang dicampur dengan kacang. Setelah itu dilumuri dengan tepung, lalu di goreng. Jajanan ini terbilang sangat murah juga yaitu berkisar 500 rupiah – 600 rupiah. Biasanya jajanan tersebut dicocol sama petis shobat. Orang Ngalam banyak yang senang dengan jajanan satu ini. Jadi, umak-umak nih, kalau ke Malang, wajib nyobain nih jajanan satu ini. Kalau umak belum nyobain jajajan ini, ayas jamin umak ke Malang belum lengkap.

Nah, itulah shobat yang bisa ayas kasikan info mengenai jajanan di kota Malang yang murah, terlaris, dan terkenal menurut versi KeMalangAja.com. Kalau umak-umak tak setuju, tak apa juga lah. Umak berhak berpendapat, hehehe.... tapi, saya yakin umak-umak akan sependapat dengan ayas. 

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :