Agus Candra Kurniawan

Cari rute Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Assalamualaikum ker yogpo kabare???? Mudah-mudahan diberi kesehatan semua amiin. Oke Gaes untuk para pecinta traveling khusunya di  Malang Raya, kali ini kami akan memberikan suatu informasi tentang wisata alam yang sangat luar biasa yang masih belum tereksplor. Tepatnyaa di daerah Kecamatan Bantur Kabupaten Malang alias Malang Selatan Kerrr.

Mungkin dari teman-teman semua udah pada tahu dimana sih Bantur ituu??? Yappss benar sekali arah Jalur Lintas Selatan yang sudah kondang sampai ke penjuru dunia. Selain pantai ker, daerah Bantur juga terkenal akan coban air terjunnya yang menjadi wisata andalan terbaru.  Salah satunya coban kedung Malang yang hits baru-baru ini kerr. Dan pastinya kalian menyukai wisata yang bermain-main air gitu.

Banturono (Mbah Bantur)

Nahh sebelum kita sampek pada tempat wisatanya. Kita perkenalkan dulu Kota Bantur ini yang biasa disebut kera-kera Ngalam Rutnab. Bantur merupkan desa  kecil yang berada di Malang selatan tepatnya jika kita akan ke JLS (Jalur Lintas Selatan). Kecamatan Bantur merupakan kecamatan yang lumayan luas ker yang terdiri atas 9 desa dan kebanyakan Bantur merupakan penghasil tebu terbesar Malang Selatan “mangkane kerr kera-kera Rutnab iki sinam-sinam”.

Cari rute Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Oke kita ulas sedikit mengenai Bantur. ….
Bantur dibuka sekitar tahun 1830-an, saat itu masih hutan belukar yang belum bernama masih alas ker, tokoh yang membuka hutan belukar dikenal dengan nama Kyai Radiman, muslim taat sekaligus tentara. Makam Kyai Radiman sampai sekarang masih ada di Jl. Kyai Radiman, daerah itu masuk dalam wilayah Bantur Tengah (Lor Pasar). Bantur itu sendiri  berasal dari nama Banturono (Mbah Bantur ) anak dari Kyai Radiman alias dedanyangane (tetuane) kerr. Bantur saat ini mayoritas dihuni oleh keturunan Jawa dan keturunan Madura “alias campuran kerr”.

Uniknya kecamatan bantur mempunyai perbatasan yang istimewa dari Barat = Pagak dan Donomulyo, Utara = Gondanglegi (Gondangsweet), Timur = Gedangan (Banana City), dan daerah Selatan langsung berbatasan dengan Samudra Indonesia, negara Australia. Hebat bukan perbatasan Bantur sebelah Selatan langsung nang Luar Negeri kerrr….

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR


Mangkane kera-kera Rutnab banyak yang menjadi TKW upsss syalala…
Nah ker sedikit saja mengenai kota Bantur tercinta. Selanjut marilah kita bahas mengenai Coban Kedung Malang, cie ileh bahasane kayak mau persentasi aja.. oke ker lanjut ke.. COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Coban Kedung Malang

Oke Gaes pecinta travelling Malang khusunya Malang Selatan, tidak hanya pantai wisata yang ada di Malang Selatan seperti, air terjun (coban) dan wisata buatan lainnya. Untuk kali ini kami akan mengulas mengenai Coban Kedung Malang yang terletak pada Kecamatan Bantur tepatnya di desa Etan Sawah biasanya kera-kera menyebutnya.

Tentang Coban Kedung Malang 

Coban Kedung Malang merupakan kolaborasi alam anatara air terjun dan kedung (aliran sungai). Sehingga orang-orang menyebutnya air terjun Kedung Malang. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dibawah airterjun ini terdapat sebuah kedung ker.

Jadi kalo gak bisa berenang kami ingatkan jangan berenang, airnya dalem banget.
Coban Kedung Malang ini memiliki bentuk yang berbeda dari air terjun biasanya. Aliran air terjun ini melebar dan debitnya pun tidak terlalu deras, seakan airnya merambat di tebing, wah bisa dibyangkan ker air yang merambat iru seperti apa??

 Air terjun Kedung Malang ini juga dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil lainnya dan terdapat formasi bebatuan yang mirip seperti didalam gua di sebelah barat atau kiri air terjunnya. Airnya yang bergemericik dan dingin membuat wisatawan banyak yang ingin mandi dan berenang tapi tak elengne maneh ker, jangan coba-coba nyemplung alias terjun jika tidak bisa berenang. Soalnya airnya sangat dalam dan curam.

 Tapi mantapp banget pokoknya Kerr….  COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Harga Tiket Masuk 

Untuk harga tiket masuk Coban Kedung Malang ini kerr. Umak- umak hebak jangan khawatir, air terjun kedung Malang tidak memungut harga tiket. Cukup bayar parkir atau penitipan motor sebesar Rp. 3.000. murah banget kan kerrr tanpa menguras isi kantong.

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN


Rute Coban Kedung Malang 

Rute travelling ke coban kedung Malang. Dari kota Malang menuju Kecamatan Bulululawang, Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Pagelaran, terakhir menuju kecamatan Bantur. Untuk lebih mudahnya lagi ikuti aja Jalur Lintas Selatan yang berada di Kecamatan Bantur. Sesampainya di kecamatan Bantur kalian tanya pada warga “Pasar Klopo” atau arah ke “Etan Sawah” pasti disitu kalian dapat informasi dan jangan lupa tanyakan pula Coban Kedung Malang.

Letak coban kedung Malang dari kecamatan Bantur sekita 15 menit kalian akan sampai di parkiran wisata, dari situ kalian akan berjalan kaki untuk menuruni tebing yang cukup curam. Dan ingat kerr bagi yang badannya kurang vit diharapkan tidak ke wisata ini. Nah dari parkiran itu kalian akan menuruni lembah dan sebaliknya pulangnya akan menaiki tebing seperti Ninja Hatori hehehe….
Dan hati-hati yang mempunyai penyakit kram dan asma. Harus waspada jangan sampek nanti temannya menggendong kalian kerr..

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG


Sekitar 30 menit menuruni bukit lembah dan menyusuri sungai tibalah kalian ke muka air terjun Kedung Malang ini kerr.

Subhanallah speechless kerr.
Pokoknya setelah kalian melihat air terjun kedung Malang ini rasa capek letih lesu kalian akan terbayar. Karena pemandangannya sangat luar biasa. Disitu kalian bisa main air sepuasnya tapi ingat jangan sembrono jaga keselamatan kalian okee..

Selamat mencoba…
Baiklah kerr itu sekilas info mengenai Coban Kedung Malang. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat bertravelling mumpung masih muda hehehe.
Sukses Gaes untuk kalian
Wassalamualaikum wr.wb…….
Selengkapnya »
Agus Candra Kurniawan

Jual Bumbu Masak Nasi Goreng Jawa Siap Saji

Jual bumbu masak nasi goreng jawa siap saji – Dalam banyak kesempatan kita menginginkan cara membuat nasi goreng yang cepat untuk segera bisa dihidangkan ke anak-anak dan keluarga, akan tetapi keinginan tersebut kadang terkendala oleh lamanya proses dalam meracik bumbu dan sebagainya, sehingga dengan demikian banyak waktu yang tersita bagi kaum ibu yang mempunyai aktifitas tinggi diluaran rumah. Lalu adakah solusinya? tentunya, untuk saat ini tidaklah sulit mendapatkannya bumbu siap saji atau bumbu instan nasi goreng, di Super market, di pasar tradisional, di toko kelontong bahkan di penjual sayur keliling pun mudah didapatkan.

Nah! Kalau demikian apa yang masih belum terpenuhi dengan mudahnya membuat nasi goreng siap saji? Dalam banyak cerita, ternyata ibu-ibu banyak mengeluhkan masalah rasa, rasa yang katanya kurang enak untuk memenuhi selera lidah.

Jual Bumbu Masak Nasi Goreng Jawa Siap Saji

Emmmm, kalau memang masalahnya selera lidah yang masih kurang, kini ada solusi yang benar-benar bisa memenuhinya, bumbu nasi goreng jawa siap saji kini bisa didapatkan secara online, bumbu nasi goreng ini diolah secara tradisional oleh mak Noel, bumbu nasi goreng ini juga dibuat oleh mak noel dengan bahan-bahan alami dari alam Indonesia, bahan apa sajakah itu?

Bahan- bahan :

  • Bawang merah Probo
  • Bawang Putih
  • Cabe Merah
  • Kecap Manis
  • Minyak Wijen
  • Raja Rasa
  • Penyedap rasa
Jual Bumbu Masak Nasi Goreng Jawa Siap Saji

Itulah beberapa bumbu yang disertakan pada bumbu nasi goreng siap saji bikinan mak Noel, dan tentunya masih ada rahasia lain yang bisa tercipta sebuah bumbu nasi goreng jawa yang benar-benar lezat.

Varian rasa:

Ada beberapa varian rasa pada bumbu nasi goreng jawa bikinan mak Noel
Bumbu nasi goreng jawa standart, bumbu ini dibikin tidak terasa pedasnya sama sekali, cocok untuk anak-anak.
Bumbu nasi goreng jawa level 1, bumbu ini dibikin pedasnya biasa-biasa saja, cocok untuk yang tidak suka pedas
Bumbu nasi goreng jawa level 2, bumbu ini dibikin lumayan pedas, cocok untuk yang suka sedikit pedas.
Bumbu nasi goreng jawa level 3, bumbu ini dibuat sangat pedas, cocok untuk yang suka rasa pedas

Harga: 

Harga bumbu nasi goreng jawa bikinan mak noel dipatok berdasarkan jumlah porsi, untuk bumbu nasi goreng jawa penggunaan empat porsi rasa klasik dan bumbu nasi goreng jawa pedas level 1 harga Rp.5.000,-
Untuk bumbu nasi goreng jawa pedas level dua dan tiga dipatok dengan harga Rp.6000,-

Catatan: 

Harga sewaktu-waktu bisa berubah seiring dengan naik turunnya harga bahan yang ada dipasaran.

Cara penyajian:

Sesuai uraian diatas, cara penyajiannya cukup memerlukan waktu 5 menit saja, pertama-tama yang harus disiapkan adalah:
  • Tempat penggorengan
  • Minyak goreng
  • Garam

Nah setelah semuanya sudah siap, lakukan:
Panasi tempat penggorengan dengan api kecil, kalau sudah panas masukkan minyak goreng secukupnya atau kurang lebih 2 sendok makan untuk dua porsi, kalau sudah panas lanjutkan dengan memasukkan bumbu nasi goreng jawa, aduk sampai rata, kalau sudah masukkan nasi dengan ukuran dua piring, aduk sampai rata, setelah 5 menit angkat dan sajikan.

Bagaimana, apakah ingin mencoba?

Hubungi : WA 082330049415

Atau kalau anda berdomisili di wilayah Malang Raya anda bisa pesan langsung di Jl. Kyaimojo Rt.18 Rw. 02 Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Selain menerima pembelian bumbu siap saji,  juga siap melayani pemesanan nasi goreng kotakan untuk wilayah Malang Raya dan melayani untuk diundang pada acara pernikahan.
Selengkapnya »
Agus Candra Kurniawan

Berkunjung ke Cafe Sawahan Pujon Batu Malang Jawa timur

Cafe sawahan van java...
Assalamualaikum Lur, yaps kera kera ngalam yang saat ini lagi butuh informasi mengenai seputar malang. Hemmm, nih ayas sudah hadir kembali di depan umak untuk memberikan kabar dan informasi tentang malang raya.

Kali ini imak akan memberikan informasi seputar wisata bagian malang utara. Tepatnya fi pujon sana, daerah batu. Ker, udah pada tau belum tempat wisata pujon yang terkenal dengan keeksotisan alamnya.

Berkunjung ke Cafe Sawahan Pujon Batu Malang Jawa timur

Yups, kali ini imak akan ngebahas tentang wisata di daerah pujon, yaitu wisata Cafe Sawahan. Adakah umak-umak pada tau tentang wisata satu ini?. Kalau belum, maka izinkan imak ngebahas tentang wisata satu ini.

Tentang wisata cafe sawahan ini....

Cafe sawahan ini mulanya adalah persawahan padi yang membentang luas di daerah pujon. Berkat kesadaran dan kreatifitas masyarakat pujon, persawahan yang dulunya hanya berfungsi sebagai menanam padi, kini telah berganti menjadi tempat wisata yang eksotik, lagi menawan.
Cafe yang didesign dan dibuat di tengah sawah ini, mempunyai daya tarik bagi orang yang datang. Perihalnya umak-umak akan merasakan suasana pedesaan. Jadi, sangat cocok buat umak yang sudah lama di kota, dan ingin merasakan suasana di desa.

Dengan pemandangan sawah yang melintang, dan berhadapan dengan gunung dorowati, membuat cafe sawahan ini sangat cocok tidak hanya untuk menikmati makanan, tapi juga panorama alamnya yang dibuat sebagai baground foto selfie maupun foto keluarga.

Cafe sawahan ini memberikan menu makanan yang sangat lezat, tentunya makanan di cafe memiliki rasa khas pedesaan yaitu nasi jagung yang siap menjadi santapan umak.

Hayoo.... Wenak tenan mestinya.....
BTW nih, bagi umak yang belum tau rute perjalanan menuju ke tempat cafe sawahan ini. Selanjutnya imak akan kasih informasi tentang rute menuju ke tempat wisata cafe sawahan pujon.
Berikut rute perjalanan menuju cafe sawahan:

Rute Cafe Sawahan Pujon Batu Malang Jawa Timur

Rute perjalananan Cafe sawahan, merupakan rute Batu Kediri. Jadi, jika umak dari alun-alun kota batu, umak perlu mencari arah rute Batu-Kediri. Nah, setelah umak berada di jalan Batu Kediri. Nantinya umak akan bertemu dengan beberapa tempat wisata. Contohnya, daerah payung, yang dikenal dengan daerah tempat ngopi di Batu.

Setelah umak sampai atau melewati daerah payung, umak akan bertemu wisata coban rondo. Lalu, umak ambil bertanya sama orang cari daerah Pujon Kidul. Nah, jika umak sudah masuk daerah pujon kidul, umak tanya lagi dah ke masyarakat sekitar, tanya tempat cafe sawahan.

Kalau umak mengikuti saran imak. Dijamin, tak kan ada yang namanya tersesat di jalan. Terkecuali kalau umak sendiri malu bertanya ke warga sekitar. Pastilah umak akan tersesat di jalan. Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Begiyu, kikikikikik...

Tapi, sebelum umak benar-benar ingin kemari, ke tempat wisata cafe sawahan pujon ini. Umak wajib tau dulu harga tiket masuknya. Karena banyak orang berfikir bahwa cafe sawahan hanyalah sebuah cafe. Bukan tempat wisata. Nah, itu kesalahan besar. Karena di tempat ini umak wajib bayar tiket masuknya.

Mengenai harga tiket masuknya akan dibahas dibawah ini...

HTM, Harga Tiket Masuk Wisata Cafe Sawahan Van Java

Untuk umak-umak yang ingin berlibur dan menikmati panorama alam Cafe Sawahan Van Java. Imak ingin kasih informasi seputar harga tiket masuknya.

Hehe, umak hanya cukup membayar parkir saja ker....
Hehe, pasti umak sudah tau kan, kira-kira berapa bayar parkirnya. Yah, bayar parkirnya hanya Rp. 2.000 / motor. Jadi, sangat murah banget kan ker.... Jadi sangat murah meriah sekali. Umak bisa menikmati panorama alamnya dengan membayar uang Rp. 2.000 rupiah saja.

Cafe Sawahan Pujon Batu Malang Jawa timur


Nah, kalau umak sudah tau mengenai harga tiket masuknya. Umak wajib tau jga mengenai fasilitas yang ada di cafe sawahan pujon batu Malang ini...

Fasilitas Wisata

Yups, kera-kera luar yang ingin berwisata di ngalam, jangan khawatir dengan segalanya. Karena di tempat wisata cafe sawahan ini umak akan diberikan fasilitas lengkap. Di cafe ini telah tersedia, musholla, kamar mandi, Wifi, tempat nongkrong, dan tolilet (ups maaf salah) TOILET maksudnya. Hehe

Nah, di tempat wisata ini, umak jangan khawatir dengan sholat umak. Karena jika adzan berkumandang, umak langsung bisa sholat. Nah, kebayang tuh asyiknya sholat di cafe tengah sawah. Jelas, berbeda rasanya. Seperti ada manis-manisnya. Hehe.

Cafe Sawahan Pujon Batu


Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan buat umak. Apalagi umak bawa keluarga umak. Hemmm, jelas luar biasa, fantastis, dijamin keluarga akan selalu ingat dengan tempat wisata yang satu. Dan tentunya, keluarga semakin sayang dengan umak.

Dan, apalagi umak membawa kekasih hati, belahan jiwa, atau apalah namanya itu. Romantisme akan tumbuh seketika, perasaan cinta akan meluap seketika. Merasakan romantisnya di tengah sawah.
Yah, itu saja dulu informasi dari imak mengenai tempat wisata Cafe Sawahan Pujon Batu Malang Jawa Timur. Jika umak sudah pernah kemari jangan lupa kasih tau imak. Uplod foto umak di komentar itu...
Selengkapnya »
Agus Candra Kurniawan

Eksplorasi Desa Busu Kampung Adat Paling Eksotis di Kabupaten Malang

KeMalangAja.Com - Siapa yang pernah mengenal dusun Busu? Sebagian dari kita mungkin tidak kenal dengan dusun tersebut. Karena memang tidak terkenal.

Tapi tahukah kalian bahwa dusun Busu menyimpan suatu hal yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi bersama.

Eksplorasi Dusun Busu merupakan kampung yang terletak di plosok Desa Busu Kabupaten Malang, tepatnya di kecamatan Jabung Desa Slamparejo. Memiliki sebuah tempat indah dan menarik untuk dikunjungi, yaitu bukit Cino. Dari sini kita bisa melihat pemandangan indah dari atas bukit.

Warga disini juga masih tetap menggunakan cara-cara kuno untuk melakukan kegiatannya. Seperti contohnya adalah menumbuk kopi di lumpang dengan alu. dsb.
















Sehingga tradisi di kampung ini masih asli seperti jaman dahulu. Di kampung ini juga terdapat Gubuk Baca Kampung Tretek. Gubuk baca ini didirikan oleh pemuda-pemuda Busu yang tergabung kedalam komunitas PAB atau lebih lengkapnya Paguyuban Arek Busu dan mereka seperti Visi dan Misi Gubuk Baca yang lain ingin sekali menghidupkan permainan lama (Lawas) yang sudah mulai di lupakan seperti halnya egrang, kekean (Gasing) dan permainan-permainan lawas yang lain. Jika berkunjung ke dusun Busu kita juga bisa menikmati susu murni. Karena kebanyakan di kampung ini penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan juga memelihara sapi perah. Yaitu sapi yang menghasilkan susu setiap pagi dan sore hari. Kurang apa lagi coba. ayo berkunjung ke Busu.

satu lagi yang gak kalah menarik yaitu di bulan suro yang setiap tahunya di adakan grebek desa dan
disitu semua berkeliling kampung dengan membawa tumpeng yang super besar yang kreasi dan sesuai adat yang masih kental serta doa-doa ujub kolosal yaitu doa yang berbahasa jawa halus di kampung ini kita akan merasakan kampung yang begitu indah dan damai serta tidak meninggalkan keasrianya.

Dan Masih banyak cerita lain di Dusun Busu, Penasaran langsung aja datang ke Dusun Busu
( Kampung Adat ). Salam Kango Komunitas Sak Jabung
Selengkapnya »