Agus Candra Kurniawan

Pergi Ke Wisata Pulau Sempu



Pergi Ke Wisata Pulau Sempu - Oya, KeMalangAja.com Ker-ker..! Hay, shob... Kembali hadir bersama imak yang selalu memberikan informasi tentang wisata Malangan. Tak kalah menarik dengan artikel-artikel sebelumnya ker. Kali ini imak akan memberikan informasi tentang wisata pulau sempu.

Yups, sudah tau apa belum wisata pulau sempu? Belum... nah, setelah ini nih imak akan berikan informasi seputar wisata pulau sempu. Bagi yang baru dengar nama tempat wisata ini, wajib bagi umak baca sampai selesai.

Mengapa umak harus baca? Karena di Pulau sempu ini ada beberapa yang perlu menjadi peringatan.

Informasi Seputar Pulau Sempu

What is pulau sempu? Nama pulau sempu merupakan nama yang diambil dari nama pohon yang ada di pulau tersebut. Dimana pohon tersebut jarang ditemui saat ini.

Yups, pulau sempu merupakan tempat wisata yang memiliki pesona alam indah dan mempesona. Karena pulau sempu adalah cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.

Nah, oleh sebab itu shob, wisata pulau sempu ini sebenernya bukanlah tempat wisata. Namun, karena pesona alam yang indah nan memposana itu, banyak para traveling yang datang ke tempat ini untuk menikmati pemandangan pulau ini.




Dan mengenai pulau sempu ini dijadikan tempat wisata atau bukan, sebenernya banyak pendapat shob. Ada yang mengatakan ini tempat wisata, karena banyak pengunjung di tempat ini dan pengelola memperbolehkan. Bahkan, ada website dari pemerintah memperkenalkan destinasi wisata ini.

Namun, sebenernya ketika ditanyai kepada pengelola pulau sempu bukanlah tempat wisata. Pulau sempu adalah tempat atau balai konservasi. Jadi, menurutnya jika ada yang datang kemari, mungkin sedang melakukan penelitian. Karena mereka masuk pun harus izin terlebih dahulu.



Tapi nih shob... imak merasa kecewa dengan para traveling yang berkunjung ke tempat ini. Terkadang, ada saja sampah-sampah yang berserakan di tempat ini, yang membuat tempat ini menjadi kumuh shob.
Jadi, jika umak datang kemari ayas saranin umak jangan sampe membuang sampah sembarangan yah? Apalagi umak merusak ekosistemnya, imak harap itu jangan sampai terjadi. Cintailah alam ini seperti umak mencintai diri sendiri, asek...




Dengan luas tanah 877 hektar pulau sempu memiliki bermacam-macam ekosistem di dalamnya yaitu, hutan pantai, hutan bakau dan hutan tropis. Dan juga memiliki vegetasi yang diantaranya yaitu, Wadang, Ketapang, Bendo, Waru Laut, Pandan, dan Mangrove.

Lokasi Pulau Sempu

Jika umak ingin mengetahui lokasinya, nih imak kasih umak info tentang lokasinya. Yups, lokasi Pulau sempu terletak di sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur shob.

Berada di Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan (atau orang-orang menyebutnya dengan sebutan SUMAWE), Kab. Malang, Prov. Jawa Timur. Hemm, pasti kalau mendengar kata SUMAWE umak ingat wisata yang lainnya.

Yups, memang lokasi Pulau Sempu berdekatan dengan tempat wisata yang lainnya shob. Namun, hanya berbeda tempat Desanya saja, jadi kalau umak sudah berkunjung kemari. Imak saranin umak juga menjenguk tempat wisata yang lainnya. Heh, kata-katanya pakai ‘menjenguk’ kayak mau ke orang sakit saja.

Nah, lanjut nih.. ke rute perjalanan tempat Wisata Pulau Sempu

Rute Perjalanan Tempat Wisata Pulau Sempu

Jika umak ingin pergi ke tempat wisata yang satu ini umak harus tau rutenya shob. Karena kalau sampai salah lewati rute, sungguh umaka akan tersesat di jalan. Tapi, kalau umak ikut jalan atau rute yang imak sebutkan, bisa dipastikan umak akan tersesat dijalan yang benar. Kwkwkwkwk.... bercanda shob.
Berikut imak jelasin rute menuju ke tempat wisata Pulau Sempu; rutenya adalah dari Alun-alun kota Malang – Gadang – Bululawang – Turen – SUMAWE (Sumber Manjing Wetan) – Desa Tambak Rejo – ke Pulau Sempu Malang. di

HTM; Harga Tiket Masuk Ke Pulau Sempu

Hem,, ngomong-ngomong masalah HTM nih shob, tempat ini umak kagak ada yang namanya HTM HTM itu. Karena tempat ini merupakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Jadi, jika umak masuk ke tempat ini tidak diungut biaya shob.

Namun, umak wajib tuh ngurusin surat izin masuknya. Hah, surat izin? Yups, shob, jika umak pergi ke tempat wisata ini wajib bagi umak ngurusi surat izin masuk ke Balai konservasi pulau sempu.

Yak, ngurusinnya ribet gak ya? Ya jelas lah shob kagak ribet, apalagi umak memesan tour guide atau jasa pemandu wisata. Bisa dipastikan umak akan aman dan nyaman dalam berwisata, karena ada sang ahli bersama umak.

Selanjtunya, imak akan memeberikan tips kepada umak mengenai tempat wisata ini.

Tips Wisata ke Pulau Sempu Malang

Bagi umak yang ingin pergi ke tempat wisata ini nih, wajib untuk membaca tips wisata ke pulau sempu, walaupun hanya sekilas. Yuk... baca penjelasannya..!

Adapun tips wisata ke pulau sempu Malang sebagai berikut:

1. Tentukan Tanggalnya Sedini Mungkin

Yah, mengenai tips yang pertama ini wajib bagi umak menentukan tanggalnya sedini mungkin. Mengapa begitu? Yups, karena untuk masuk dalam tempat wisata atau balai konservasi ini umak perlu mengurus perizinan masuknya.

Jadi, imak sarankan umak sudah menentukan tanggalnya sedini mungkin. Setidaknya sebulan sebelum umak ingin pergi ke tampat wisata ini.

2. Siapkan Perlengkapan

Yups, umak juga perlu perhatikan mengenai perlengkapan. Kalau umak ingin ngecamp atau kemah di tempat ini. Perlengkapan seperti tenda, selimut, lampu, dan makanan. Umak juga harus membawa tempat sampah atau kresek.

Karena nantinya ketika umak sudah selesai ngecamp atau kemah umak wajib untuk membersihkan tempat atau area sekitar umak kemah.

3. Siapkan Fisik

Nah, untuk yang ke tiga ini juga wajib umak ketahui. Umak wajib menyaiapkan fisik umak, perihalnya jika kondisi umak tidak maksimal imak yakin umak tak akan merasakan nikmatnya kemah di tempat ini. Karena umak sudah merasa letih dan kesakitan.

Menyiapkan fisik merupakan tips baik bagi umak yang ingin ngecamp atau kemah di tempat ini. Latihan fisik seperti apa? Umak bisa latihan fisik seperti lari atau joging. Dan jaga pola makan umak sebelum brangkat kemari.

Karena pola makan yang teratur akan memabawa dampak yang baik bagi kesehatan tubuh umak.

4. Pesan Tour Guide atau Jasa Pemandu Wisata

Nah, ini nih yang paling penting...! mengapa begitu? Seperti yang imak sampaikan di awal, bahwa untuk menuju atau masuk ke tempat ini umak harus dan wajib mengurus surat izin masuk.

Biar umak tak merasa direpotkan, nah tips yang ke empat ini patut umak coba shob untuk umak pesan jasa pemandu wisata. Untuk pemesanan jasa pemandu wisata, umak bisa langsung ke imak. Karena imak sudah handal dan profesional melakukan pekerjaan ini.

Karena jika umak salah pilih dalam memesan jasa pemandu wisata umak akan merasa kecewa shob. Karena untuk ke tempat ini umak harus bener-bener bisa memilih pemandu wisat yang tepat dan profesional.
Itulah shob, beberapa yang bisa imak sampaikan kepada umak mengenai seputar tempat wisata Pulau sempu. Semoga perjalanan umak ke tempat wisata ini dapat berjalan dengan lancar.
Ingat shob... jika butuh jasa pemandu wisata, umak bisa call me...!

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :