Type something and hit enter

By
KeMalangAja.Com - Siapa yang pernah mengenal dusun Busu? Sebagian dari kita mungkin tidak kenal dengan dusun tersebut. Karena memang tidak terkenal.

Tapi tahukah kalian bahwa dusun Busu menyimpan suatu hal yang layak untuk kita ketahui dan kita kunjungi bersama.

Eksplorasi Dusun Busu merupakan kampung yang terletak di plosok Desa Busu Kabupaten Malang, tepatnya di kecamatan Jabung Desa Slamparejo. Memiliki sebuah tempat indah dan menarik untuk dikunjungi, yaitu bukit Cino. Dari sini kita bisa melihat pemandangan indah dari atas bukit.

Warga disini juga masih tetap menggunakan cara-cara kuno untuk melakukan kegiatannya. Seperti contohnya adalah menumbuk kopi di lumpang dengan alu. dsb.
















Sehingga tradisi di kampung ini masih asli seperti jaman dahulu. Di kampung ini juga terdapat Gubuk Baca Kampung Tretek. Gubuk baca ini didirikan oleh pemuda-pemuda Busu yang tergabung kedalam komunitas PAB atau lebih lengkapnya Paguyuban Arek Busu dan mereka seperti Visi dan Misi Gubuk Baca yang lain ingin sekali menghidupkan permainan lama (Lawas) yang sudah mulai di lupakan seperti halnya egrang, kekean (Gasing) dan permainan-permainan lawas yang lain. Jika berkunjung ke dusun Busu kita juga bisa menikmati susu murni. Karena kebanyakan di kampung ini penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan juga memelihara sapi perah. Yaitu sapi yang menghasilkan susu setiap pagi dan sore hari. Kurang apa lagi coba. ayo berkunjung ke Busu.

satu lagi yang gak kalah menarik yaitu di bulan suro yang setiap tahunya di adakan grebek desa dan
disitu semua berkeliling kampung dengan membawa tumpeng yang super besar yang kreasi dan sesuai adat yang masih kental serta doa-doa ujub kolosal yaitu doa yang berbahasa jawa halus di kampung ini kita akan merasakan kampung yang begitu indah dan damai serta tidak meninggalkan keasrianya.

Dan Masih banyak cerita lain di Dusun Busu, Penasaran langsung aja datang ke Dusun Busu
( Kampung Adat ). Salam Kango Komunitas Sak Jabung

Click to comment