Agus Candra Kurniawan

Cari rute Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR



Assalamualaikum ker yogpo kabare???? Mudah-mudahan diberi kesehatan semua amiin. Oke Gaes untuk para pecinta traveling khusunya di  Malang Raya, kali ini kami akan memberikan suatu informasi tentang wisata alam yang sangat luar biasa yang masih belum tereksplor. Tepatnyaa di daerah Kecamatan Bantur Kabupaten Malang alias Malang Selatan Kerrr.

Mungkin dari teman-teman semua udah pada tahu dimana sih Bantur ituu??? Yappss benar sekali arah Jalur Lintas Selatan yang sudah kondang sampai ke penjuru dunia. Selain pantai ker, daerah Bantur juga terkenal akan coban air terjunnya yang menjadi wisata andalan terbaru.  Salah satunya coban kedung Malang yang hits baru-baru ini kerr. Dan pastinya kalian menyukai wisata yang bermain-main air gitu.

Banturono (Mbah Bantur)

Nahh sebelum kita sampek pada tempat wisatanya. Kita perkenalkan dulu Kota Bantur ini yang biasa disebut kera-kera Ngalam Rutnab. Bantur merupkan desa  kecil yang berada di Malang selatan tepatnya jika kita akan ke JLS (Jalur Lintas Selatan). Kecamatan Bantur merupakan kecamatan yang lumayan luas ker yang terdiri atas 9 desa dan kebanyakan Bantur merupakan penghasil tebu terbesar Malang Selatan “mangkane kerr kera-kera Rutnab iki sinam-sinam”.

Cari rute Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Oke kita ulas sedikit mengenai Bantur. ….
Bantur dibuka sekitar tahun 1830-an, saat itu masih hutan belukar yang belum bernama masih alas ker, tokoh yang membuka hutan belukar dikenal dengan nama Kyai Radiman, muslim taat sekaligus tentara. Makam Kyai Radiman sampai sekarang masih ada di Jl. Kyai Radiman, daerah itu masuk dalam wilayah Bantur Tengah (Lor Pasar). Bantur itu sendiri  berasal dari nama Banturono (Mbah Bantur ) anak dari Kyai Radiman alias dedanyangane (tetuane) kerr. Bantur saat ini mayoritas dihuni oleh keturunan Jawa dan keturunan Madura “alias campuran kerr”.

Uniknya kecamatan bantur mempunyai perbatasan yang istimewa dari Barat = Pagak dan Donomulyo, Utara = Gondanglegi (Gondangsweet), Timur = Gedangan (Banana City), dan daerah Selatan langsung berbatasan dengan Samudra Indonesia, negara Australia. Hebat bukan perbatasan Bantur sebelah Selatan langsung nang Luar Negeri kerrr….

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR


Mangkane kera-kera Rutnab banyak yang menjadi TKW upsss syalala…
Nah ker sedikit saja mengenai kota Bantur tercinta. Selanjut marilah kita bahas mengenai Coban Kedung Malang, cie ileh bahasane kayak mau persentasi aja.. oke ker lanjut ke.. COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Coban Kedung Malang

Oke Gaes pecinta travelling Malang khusunya Malang Selatan, tidak hanya pantai wisata yang ada di Malang Selatan seperti, air terjun (coban) dan wisata buatan lainnya. Untuk kali ini kami akan mengulas mengenai Coban Kedung Malang yang terletak pada Kecamatan Bantur tepatnya di desa Etan Sawah biasanya kera-kera menyebutnya.

Tentang Coban Kedung Malang 

Coban Kedung Malang merupakan kolaborasi alam anatara air terjun dan kedung (aliran sungai). Sehingga orang-orang menyebutnya air terjun Kedung Malang. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dibawah airterjun ini terdapat sebuah kedung ker.

Jadi kalo gak bisa berenang kami ingatkan jangan berenang, airnya dalem banget.
Coban Kedung Malang ini memiliki bentuk yang berbeda dari air terjun biasanya. Aliran air terjun ini melebar dan debitnya pun tidak terlalu deras, seakan airnya merambat di tebing, wah bisa dibyangkan ker air yang merambat iru seperti apa??

 Air terjun Kedung Malang ini juga dikelilingi oleh beberapa air terjun kecil lainnya dan terdapat formasi bebatuan yang mirip seperti didalam gua di sebelah barat atau kiri air terjunnya. Airnya yang bergemericik dan dingin membuat wisatawan banyak yang ingin mandi dan berenang tapi tak elengne maneh ker, jangan coba-coba nyemplung alias terjun jika tidak bisa berenang. Soalnya airnya sangat dalam dan curam.

 Tapi mantapp banget pokoknya Kerr….  COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN JAWA TIMUR

Harga Tiket Masuk 

Untuk harga tiket masuk Coban Kedung Malang ini kerr. Umak- umak hebak jangan khawatir, air terjun kedung Malang tidak memungut harga tiket. Cukup bayar parkir atau penitipan motor sebesar Rp. 3.000. murah banget kan kerrr tanpa menguras isi kantong.

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG SELATAN


Rute Coban Kedung Malang 

Rute travelling ke coban kedung Malang. Dari kota Malang menuju Kecamatan Bulululawang, Kecamatan Gondanglegi, Kecamatan Pagelaran, terakhir menuju kecamatan Bantur. Untuk lebih mudahnya lagi ikuti aja Jalur Lintas Selatan yang berada di Kecamatan Bantur. Sesampainya di kecamatan Bantur kalian tanya pada warga “Pasar Klopo” atau arah ke “Etan Sawah” pasti disitu kalian dapat informasi dan jangan lupa tanyakan pula Coban Kedung Malang.

Letak coban kedung Malang dari kecamatan Bantur sekita 15 menit kalian akan sampai di parkiran wisata, dari situ kalian akan berjalan kaki untuk menuruni tebing yang cukup curam. Dan ingat kerr bagi yang badannya kurang vit diharapkan tidak ke wisata ini. Nah dari parkiran itu kalian akan menuruni lembah dan sebaliknya pulangnya akan menaiki tebing seperti Ninja Hatori hehehe….
Dan hati-hati yang mempunyai penyakit kram dan asma. Harus waspada jangan sampek nanti temannya menggendong kalian kerr..

Wisata COBAN KEDUNG BANTUR MALANG


Sekitar 30 menit menuruni bukit lembah dan menyusuri sungai tibalah kalian ke muka air terjun Kedung Malang ini kerr.

Subhanallah speechless kerr.
Pokoknya setelah kalian melihat air terjun kedung Malang ini rasa capek letih lesu kalian akan terbayar. Karena pemandangannya sangat luar biasa. Disitu kalian bisa main air sepuasnya tapi ingat jangan sembrono jaga keselamatan kalian okee..

Selamat mencoba…
Baiklah kerr itu sekilas info mengenai Coban Kedung Malang. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat bertravelling mumpung masih muda hehehe.
Sukses Gaes untuk kalian
Wassalamualaikum wr.wb…….

Tentang KeMalangAja.Com -

Ingin mengembangkan sebuah website yang mampu mengeksplorasi potensi daerah dan meng-ekspose budaya khas masyarakat di Indonesia khususnya di daerah Malang. Impian besar ini digagas dalam menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas. Selengkapnya »

Langganan Gratis Artikel via Email :